Skip to main content

Wiring Kipas Angin 3 Kecepatan

Bagaimana cara kerja sistem kelistrikan kipas angin? Apa saja komponen kipas? Apa tujuan dari masing-masing komponen kipas angin? Bagaimana cara memasang kabel kipas yang benar? Bagaimana dengan kabel untuk kipas? Apa warna kabel kipas? Bagaimana cara mengganti kabel kipas?

Wiring Kipas Angin 3 Kecepatan

Kipas angin merupakan salah satu alat listrik yang digunakan pada saat suhu ruangan terlalu tinggi. Kipas angin lebih sering digunakan daripada AC karena lebih murah dan membutuhkan lebih sedikit daya. Dari eksterior hingga peralatan listrik, kipas terdiri dari berbagai bagian.

Karena banyaknya orang yang menggunakan kipas angin, para ahli servis elektronik mempelajari komponen kipas dan kelistrikannya. Beberapa dari kita mungkin membawa kipas angin ke tukang servis untuk diperbaiki.

Alhasil, selain tukang reparasi, kita sebagai masyarakat biasa harus memiliki pengetahuan tentang kipas angin.

Bagian selanjutnya akan membahas pengertian kipas angin, kegunaannya, bagian-bagian badan kipas, bagian kelistrikan dinamo/motor listrik kipas, dan bagian-bagian mesin dinamo/motor listrik kipas angin. Kabel kipas harus dihubungkan dengan cara berikut. Kabel kipas.

Kipas Angin Listrik dan Komponennya

A. Definisi fan kipas angin

Kipas angin adalah suatu alat yang digunakan untuk mendinginkan (menurunkan) suhu ruangan, menyegarkan udara, mengeluarkan udara (exhaust fan), dan mengeringkan ruangan (biasanya dilengkapi dengan elemen pemanas).

Kipas angin diklasifikasikan menjadi dua jenis: kipas konvensional yang ditenagai oleh tenaga manusia dan kipas listrik yang ditenagai oleh energi listrik.

B. Memanfaatkan Fans

Seperti yang dikatakan sebelumnya, kipas berfungsi untuk mendinginkan dan menyegarkan ruangan. Selain itu, peralatan elektronik lainnya, seperti CPU dan laptop, membutuhkan kipas untuk menurunkan panas di beberapa komponennya.

Pada dasarnya, kipas dipisahkan menjadi tiga bagian utama: bodi, kelistrikan, dan mesin. Nah, berikut ini penjelasan mengenai komponen-komponen kipas angin.

C. Komponen Tubuh Kipas

Silakan lihat gambar badan kipas berikut untuk informasi tambahan.

1. Bagian Kandang

Bagian sangkar adalah bagian kipas yang terdiri dari baling-baling yang ditutup dengan sangkar untuk alasan keamanan. Bagian ini menjadi sumber yang dibangkitkan atau ditiup angin.

2. Komponen Kontainer

Wadah adalah komponen kipas yang menampung motor listrik atau dinamo, yang sangat penting dalam mengubah energi listrik menjadi energi gerak. Selain itu, terdapat gearbox yang mengatur pergerakan kipas ke kanan dan kiri.

3. Bagian Leher

Leher adalah bagian yang menahan kipas agar dapat menempel pada badan dan menggerakkan kipas ke kiri-kanan atau atas-bawah agar angin mengalir secara merata.

4. Komponen Tubuh

Bagian bodi menampung bagian-bagian komponen kelistrikan kipas, seperti tombol kecepatan, tombol mati, sakelar tarik, dan pengatur waktu.

5. kaki

Kaki-kaki merupakan komponen dari kipas yang menopangnya agar dapat berdiri tegak. Ada juga opsi tinggi dan rendah sehingga dapat diubah sesuai dengan kebutuhan Anda.

D. Komponen Listrik Kipas Angin

Komponen kelistrikan kipas angin akan melewati segala hal mulai dari catu daya hingga sakelar kipas, lalu ke motor listrik (dinamo), dan terakhir ke kapasitor. Gambar di bawah menunjukkan cara menyambungkan kabel kipas dengan benar tergantung pada warna kabelnya.

1. Catu Daya

Bagian ini berisi daya utama dari kipas, yang diambil dari steker yang terhubung ke soket yang terhubung ke sumber listrik utama (PLN).

2. Saklar Kecepatan (Saklar Pemilih)

Sakelar kecepatan, juga dikenal sebagai sakelar pemilih, terdiri dari empat sakelar: sakelar mati ((0), yang mematikan kipas), sakelar kecepatan 1 (kipas HIDUP pada kecepatan rendah), sakelar kecepatan 2 (kipas HIDUP pada kecepatan sedang), dan sakelar kecepatan 3 (kipas ON pada kecepatan tinggi) (kipas ON pada kecepatan tinggi).

Harap diingat bahwa setiap kabel yang terhubung ke sakelar memiliki warna yang berbeda, jadi jangan hanya mencolokkannya. Silakan lihat gambar untuk klarifikasi. (Catatan: Warna kabel di foto dapat berubah dari aslinya berdasarkan merek mesin dan tegangan kipas.)

Kapasitor 3

Kapasitor merupakan salah satu komponen kelistrikan yang dapat meningkatkan faktor daya listrik (cosphi) untuk meningkatkan efisiensi konsumsi energi. Karena kapasitor tidak tergantung pada sakelar listrik, pemasangannya harus lebih sederhana.

Kapasitor yang paling sering digunakan pada kipas adalah kapasitor 1,5 mikro farad, namun tergantung pada kebutuhan kipas, ada juga kapasitor lain yang menggunakan (1), (1,2), dan (2) mikro farad. 

Comments

Popular posts from this blog

Cara Membuat Inverter DC Ke AC 100 Watt

Rangkaian inverter DC ke AC yang akan diberikan kali ini adalah rangkaian sederhana yang mengubah arus DC (arus searah) dari baterai atau sel surya menjadi arus bolak-balik (arus AC) (arus bolak-balik). Jika Anda tidak yakin apa itu inverter, baca artikel sebelumnya tentang apa itu inverter dan cara kerjanya. Cara Membuat Inverter DC Ke AC 100 Watt Output rangkaian dapat dihubungkan ke perangkat elektronik seperti TV, charger smartphone, laptop, notebook, dan sebagainya. Menggunakan baterai 12VDC yang diubah menjadi daya 220 VAC oleh rangkaian inverter. Rangkaian inverter DC ke AC 100 Watt menggunakan trafo 5A tipe CT/center tap pada rangkaian inverter ini. Sebelum membangun atau membangun rangkaian inverter, ada baiknya seorang teknisi terlebih dahulu memahami diagram blok rangkaian inverter di bawah ini agar dapat memahami cara kerjanya dan apa yang harus dicari jika terjadi kesalahan nantinya. Jika sirkuit tidak beroperasi, teknisi dapat memeriksanya langsung di setiap blok. Berikut

Cara Membuat Inverter Dc Ke Ac 5000 Watt

Skema inverter 5000 watt- Ada berbagai jenis inverter watt dalam elektronik dan aplikasinya. Dimulai dengan inverter dengan watt kecil mulai dari 100 hingga 300 watt, hingga inverter dengan watt yang sangat signifikan yang dapat memberi daya pada produk listrik utama seperti kipas angin, TV, dan mesin cuci. Inverter watt besar berkisar dari 2000 watt hingga 3000 watt dan dapat menghasilkan listrik hingga 5000 watt. Fungsi Inverter 5000 watt Inverter berfungsi sebagai alat untuk mengubah, mengganti, atau mengubah listrik dari tegangan rendah dengan menggunakan arus searah (DC) ke tegangan yang lebih tinggi dengan menggunakan arus tegangan bolak-balik atau disebut juga dengan arus bolak-balik (AC). Karena inverter sering digunakan untuk mengubah tegangan rendah menjadi lebih besar. Cara membuat inverter dc ke ac 5000 watt Tegangan yang sering diubah adalah 12 volt menjadi tegangan yang lebih tinggi yaitu 220 volt. Ini kemungkinan besar karena fakta bahwa sebagian besar baterai yang ters

Skema Mesin Cuci Otomatis Dirubah Menjadi Manual

Seperti apa skema mesin cuci otomatis dirubah menjadi manual? Ini adalah subjek dari artikel ini. Modul otomatis pada sebagian besar mesin cuci dengan satu bak rusak. Dan biaya penggantian modul otomatis ini sangat boros. Skema Mesin Cuci Otomatis Dirubah Menjadi Manual Mesin cuci sudah menjadi barang lumrah yang sering kita jumpai di setiap rumah; alat ini sangat membantu memudahkan manusia dalam mencuci pakaian, sehingga memudahkan dalam melakukan salah satu kegiatan rutin dalam rumah tangga; mesin cuci juga dapat digunakan untuk menjemur pakaian, sehingga memudahkan dalam melakukan salah satu kegiatan rutin dalam rumah tangga; mesin cuci juga dapat digunakan untuk mengeringkan pakaian, jadi meremas pakaian hanya membutuhkan sedikit usaha. Ada pilihan lain, yaitu mengubah mesin cuci otomatis menjadi manual. Pastinya kamu tertarik untuk mempelajari cara mengubah mesin cuci otomatis menjadi model manual, mirip seperti apa? Lanjutkan membaca artikel selanjutnya sekarang. Skema Mesin Cu